Tuesday, September 18, 2012

ARTI SEBUAH NILAI +

Orang yang kaya dan orang yang sukses memiliki satu persamaan yaitu sama - sama memiliki nilai tambah.
Sebelum Anda membaca lebih jauh, punyakah Anda NILAI TAMBAH ?, ..... dan jawabannya adalah  YA, SAYA PUNYA.
Dengan begitu, walaupun Anda masih belum yakin, setidaknya Anda punya keberanian untuk membuat suatu perubahan dalam diri Anda, sehingga Anda akan memiliki nilai tambah.
Apa maksudnya Nilai Tambah?
Maksudnya nilai tambah adalah ( perhatikan ulas berikut ini; )
Ketika Anda hidup, hidup adalah nilai tambah.
Ketika semua orang hidup, hidup adalah nilai standard.
Demikian juga ketika kita jujur, jujur adalah nilai tambah.
Tetapi ketika semua orang jujur, jujur adalah  nilai  standard. 
Dalam  hidup  kita  harus  mempunyai  nilai  tambah  dibanding  orang  lain. 
Kita  harus membuat nilai tambah dari sesuatu hal yang tidak ada menjadi ada.
Apapun di dalam hidup ini, kita harus membuat nilai tambah.
Dan ketika ada nilai tambah, kita akan jadi kaya. 
Seperti  definisi  uang  itu  sendiri,  uang  adalah  alat  tukar  nilai  tambah.  Ketika  kita mau  dapatkan uang yang banyak, kita harus selalu tanya: “Apa Nilai Tambah Kita?”.
Ketika kita berhasil membuat nilai tambah yang lebih banyak dari orang lain, maka uang akan mengejar kita.
Mari kita renungkan untaian kata - kata berikut :
Memiliki kekaguman dan penghargaan terhadap nilai dalam diri kita sendiri merupakan awal yang indah dalam menumbuhkan cinta dalam diri, dan menghargai setiap kehidupan kita, karena setiap individu memiliki nilai-nilai yang sangat berharga dalam dirinya..
Sering orang merasa tidak puas dengan dirinya, kita cenderung membanding-bandingan kemampuan kita dengan orang lain, kita seakan tidak puas dengan semua yang ada dalam diri kita.
Maka marilah sejenak, luangkan waktu Anda untuk masuk dalam kekedalaman diri dan jiwa, mulailahb menanamkan kesadaran betapa berharganya diri kita dalam kehidupan ini dan sangat berharga di mata Tuhan. Ibarat, dua cermin saling berhadapan, akan muncul pantulan yang tak terhingga.
Begitulah bila Anda mau bercermin pada diri sendiri.
Anda akan menemukan bayangan yang terhingga.
Bayangan itu adalah kemampuan Anda yang luar biasa; ketakterbatasan yang memberi kekuatan untukmenembus batas rintangan diri.
Dalam bayang-bayang itu ada nilai-nilai yang selama ini terhalang oleh bayang-bayang citra diri yang salah, yang selalu mengatakan kepada dirinya, saya tidak berguna, saya tidak punya kemampuan seperti orang itu, saya tidak cantik,
saya tidak ganteng,
kenapa saya tidak seperti orang itu,
seakan-akan kita menegaskan diri kita bahwa sudah seperti itulah diri dan hidup kita.

Di sisi lain,
refleksi,
keheningan,
doa dan sikap diam sering dapat menjadi jalan terbaik untuk mengenal diri, menemukan kekuatan-kekuatan, nilai-nilai indah dalam diri dan menghargai semua nilai kehidupan ini.
Dengan cara ini, bukan berarti semua memberikan penyelesaian bagi masalah-masalah hidup kita yang rumit, tetapi karena keheningan, doa, dan sikap diam, membawa kita kembali ke pusat batin kita yang suci, seraya menyadari diri bahwa kita semua pribadi ciptaan Yang Maha Kuasa.
Mengakui diri kita adanya adalah menyadari kesucian diri kita.
Kalau kita yakin bahwa jiwa kita dirangkul oleh Allah yang mencintai, maka kita dapat bersahabt dengan diri kita sendiri dan membangun hubungan kasih dengan orang lain, serta menghargai kehidupan ini sebagai anugerah luar biasa dari Tuhan.
Maka berkacalah pada diri sendiri, maka Anda akan menemukan kekuatan nilai-nilai kehidupan dalam diri, kembangkanlah itu, perdayakanlah semua kekuatan itu, dan di sini, kita seharusnya sujud menyembah, dan bersyukur kepada Allah yang menciptakan dan mencintai kita.

Maka, mulai sekarang, singkirkan cermin diri kemunafikan, cermin diri yang merasa tidak mampu, cermin diri yang membanding-bandingkan diri dengan orang lain.
Karena semakin Anda membandingkan diri dengan orang lain, maka di sana Anda hanya akan melihat kekurangan dan kelemahan Anda dibanding orang lain.
Lebih buruk lagi, anda hanya akan menemukan ketidak puasan diri.
Dan ini akan menjerumuskan Anda ke dalam jurang kekecewaan.
Anda bukan orang lain.
A nda adalah Anda yang memiliki jalan keberhasilan sendiri.
Mulailah hari ini dengan menatap wajah diri Anda, dalam doa, keheningan dan sikap diam seraya mensyukuri semua rahmat yang Anda terima dari ALLAH SW.T.
Anda berharga, karena Anda diciptakan sebagai kholifah/ pemimpin di muka bumi ini.

No comments:

Post a Comment